GATHERING DI JOGJA BERSAMA DJOGJA OUTBOUND

Anda ingin meningkatkan semangat kerja karyawan? Acara gathering perusahaan merupakan solusinya.Motivasi kerja karyawan terbentuk melewati sikap karyawan dalam menghadapi kondisi kerja di dalam perusahaan. Motivasi adalah suatu desakan atau energi yang menggerakkan karyawan. Agar karyawan dapat terarah atau tertuju untuk menjangkau tujuan perusahaan. Kenapa suatu perusahaan memerlukan motivasi kerja karyawan?Dalam lingkungan kerja , semangat ibarat bahan bakar kendaraan. Tanpa adanya bahan bakar maka kendaraan itu tidak akan dapat berjalan dengan baik. Begitupun dengan semangat kerja di dalam perusahaan. Tanpa adanya semangat kerja maka semua karyawan tidak akan dapat bekerja dengan semangat dan bisa jadi misi untuk menjangkau tujuan perusahaan bakal gagal.

foto-gathering-jogja

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan 

Berikut kami memberikan teknik meningkatkan semangat kerja karyawan yang bisa kita lakukan didalam ruang kerja karyawan :

• Kompensasi
Memberikan rasa aman untukkaryawan. Agar mereka bisa bekerja dengan nyaman. Sehingga semangat kerja bakal meningkat.

• Visi besar
Berikan visi besar dan goal melaui meeting mingguan maupun dari ciri khas  seragam kerja yang berisi slogan slogan yang dapat meningkatkan semangat.

• Posisi
Berikan posisi yang pas dan cocok untuk karyawan anda. Jangan biarkan karyawan kita mejalani kegiatan yang tidak dia sukai. Jangan sampai karyawan kita mencoba berpikir bekerja di perusahaan lain.

• Ruang inovasi
Tampung gagasan terbaik karyawan kita dan berikan mereka ruang inovasi, serta berikan reward. Cara ini paling dipercaya dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan.

• Monitoring
Siapkan papan monitoring. Berikan beban tugas cocok target dan penilaian setiap hasil capaiannya. Berikan reward untuk karyawan yang berprestasi dan berikan peluang untuk belajar untuk karyawan yang kinerjanya kurang. Sekali kali kompetisikan dalam kumpulan kecil dan berikan hukuman atau teguran untuk karyawan yang kurang berjuang keras.

• Reframing
Bagi karyawan yang bekerja dibalik meja atau karyawan yang kurang dapat diberikan desakan lebih pakai strategi refarming. Berikan mereka pengetahuan mengenai bagaimama mereka memaknai sebuah pekerjaan. Tumbuhkan motivasi kerja dengan teknik menanamkan pemikiran bahwa kegiatan mereka mempunyai tujuan yang mulia.

• Refreshment mindset
Jika target tahunan perusahaan tercapai. Maka sekali-kali rayakan keberhasilan tersebut bersama dengan semua karyawan. Rayakan dalam pekerjaan diluar ruangan. Kegiatan ini bertujuan untuk menyerahkan apresisasi atas banting tulang setiap karyawan dalam satu tahun. Moment tersebutpun bisa kita gunakan guna memompa motivasi karyawan anda. Kita juga dapat memanfaatkan moment itu untuk merancang target ditahun mendatang.

Di samping diruang kerja karyawan. Kita juga dapat memberikan semangat kerja karyawan diluar ruangan. Salah satunya dengan menyelenggarakan gathering perusahaan. Dengan adanya gathering perusahaan. Karyawan bakal mendapatkan refreshing yang dapat meningkatkan motivasi bekerja karyawan. Yang nantinya bisa diterapkan atau diimplementasikan didalam pekerjaan. Training semangat dan outbound dapat memberi pengaruh besar terhadap motivasi kerja karyawan Anda.

Apa itu Gathering Perusahaan?

Gathering adalah sebuah aktifitas untuk sebuah komunitas ataupun perusahaan yang dirancang untuk mendapatkan refreshing bareng dalam satu lokasi dan di waktu yang khusus, baik didalam ruangan ataupun diluar ruangan untuk mempererat kekerabatan, kekeluargaan serta tali silaturahmi.Kegiatan gathering ini dirangkai dan dikemas dalam format kegiatan seperti fun games yang bisa sebagai kegiatan refreshing. Biasanya perusahaan mengadakan event ini 1 tahun sekali atau dua kali tergantung dari perusahaan. Untuk event gathering seringkali dilaksanakan dilokasi yang mudah dicapai dan dekat namun dapat memberikan efek refresing, sepeti lokasi gathering di Kaliurang Yogyakarta.

Tujuan dan Manfaat Kegiatan Gathering Untuk Perusahaan

Selain menambah rasa kekeluargaan, event gathering perusahaan sangat berfungsi untuk memahami tentang masalah yang di hadapi karyawan Anda. Dan bersama-sama menemukan teknik untuk menuntaskan masalah tersebut. Selain itu juga berfungsi untuk memahami potensi-potensi yang dipunyai oleh masing-masing karyawan Anda. Berikut ini manfaat gathering perusahaan untuk karyawaan Anda :

• Untuk Kegiatan Refreshing
Setiap perusahaan pastinya mempunyai tuntutan tinggi disetiap proses kerjanya yang melibatkan karyawan guna bekerja extra dan lebih demi mencapai sasaran bersama. Tentunya tuntutan ini karyawan merasakan tekanan atau stress tinggi. Maka oleh karena itu perlu diselenggarakan sebuah aktifitas refreshing seperti gathering satu tahun sekali supaya karyawan dapat merasakan keperdulian perusahaan terhadap mereka.Karena aktifitas ini merupakan aktifitas sekaligus refershing juga, maka penelusuran tempat gathering mestilah tepat supaya suasananya tidak membosankan. Anda dapat memilih kota Jogjakarta sebagai opsi gathering Anda, tidak sedikit lokasi di Jogja yang dapat Anda pilih mulai dari pasir putih di Gunung kidul sampai kawasan berhawa sejuk di Kaliurang.

• Membangun Team Kerja yang Solid
Dalam suatu perusahaan seringkali mempunyai pembagian team work dengan sejumlah divisi. Dan tentunya terkadang tidak jarang kali terdapat ketidak seimbangan diantara kerjama sama team divisi satu dengan team divisi lainnya. Untuk membalikkan ketidak seimbangan itu, perusahaan bisa melakukan pekerjaan gathering untuk membalikkan ke solidan antara team divisi.

• Mempererat Hubungan Persaudaraan Antar Karyawan
Tidak melulu antar team divisi saja yang merasakan ketidak harmonisan dalam bekerja, terkadang tidak jarang kalipun terjadi dalam internal team. Masalah dalam suatu* team seringkali tidak tampak dalam format konflik, melainkan dapat dilihat dari sikap antar karyawan dengan seperti menciptakan pengelompokan antar karyawan. Agar urusan ini tidak berlarut dan dapat memunculkan efektifitas yang tidak baik dalam hasil kerja team, maka diperlukan kegiatan gathering yang dapat membina kembali hubungan persaudaraan tersebut.

• Mengembalikan Kondisi
Dapat dipastikan, tidak terdapat perusahaan yang tidak merasakan suatu konflik dan perpecahan oleh antar karyawan sampai atasan. Dengan adanya pekerjaan gathering ini dapat menenangkan* suasana itu dan membalikkan suasana menjadi lebih baik. Bagi mengembalikan situasi menjadi lebih baik tentunya diperlukan tempat yang mendukung, Anda dapat mencari lokasi gathering dengan keadaan yang nyaman seperti tempat gathering di Kaliurang.

• Membangun Kebersamaan
Lewat aktifitas gathering perusahaan dapat membina kebersamaan antar karyawan, apa lagi dalam bekerja terbatas oleh suatu team dan pengelompokan yang dapat menciptakan batas dan jarak antar interaksi karyawan sebab sibuk dengan pekerjaannya masing – masing. Dengan pekerjaan ini bisa menyadarkan karyawan bahwa mereka adalah team yang sedang di satu atap, sampai-sampai dapat berkolaborasi kembali dan saling menyokong dan menolong satu sama lain.

• Membangun Kembali Semangat Bekerja
Melalui program pekerjaan gathering ini dapat membina kembali semangat bekerja semua karyawan sesudah melakukan pekerjaan rangkaian kegiatan gathering. Hal ini telah terbukti, bahwa karyawan yang sesudah melakukan pekerjaan gathering efektivtas kinerjanya bakal membaik.

Jenis- Jenis Gathering 

Gathering dapat dilakukan oleh perusahaan ataupun komunitas sebagai kegiatan bersama dalam satu lokasi dengan berisikan tema yang dikehendaki atau disesuaikan untuk dapat membangun suasana santai, akrab dan kekeluargaan.Berikut beberapa jenis gahtering yang biasa kami laksanakan bersama klien kami  :

• Employee Gathering
Kegiatan gathering khusus untuk seluruh karyawan untuk melakukan atau hadir secara bersama-sama dengan tujuan sebagai proses penyegaran dari rutinitas keseharian yang ada agar dapat sedikit re-fresh dan rileks, serta dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan yang erat antara perusahaan dengan karyawannya maupun karyawan dengan karyawan.

• Family Gathering 
Kegiatan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk seluruh karyawan dan keluarga karyawan, dengan family Gathering dapat saling mempererat hubungan pertemanan dan kekerabatan antara keluarga karyawan yang satu dengan yang lainnya.

• Customer Gathering 
Biasanya dilaksanakan perusahaan setiap setahun sekali untuk apresiasi dan sekaligus meningkatkan hubungan dengan para pelanggan perusahaan (loyalty Customers). Pada umumnya acara yang dilakukan pada saat customer gathering adalah makan bersama, kemudian dilanjutkan acara hiburan untuk para pelanggan yang setia ataupun rekanan yang sering membantu perusahaan dalam mencapai target tahunannya.Ttujuan dilakukannya customer gathering adalah sebagai bentuk Apresiasi perusahaan terhadap pelanggan setianya (loyalty customers), informasi perkembangan perusahaan sampai dengan saat ini dan apa target untuk tahun mendatang.Promosi penjualan ataupun pengenalan produk baru yang akan segera dipasarkan.


gathering-jogja

Jadi apapun momentnya, gathering sangat tepat diadakan minimal setahun sekali oleh sebuah perusahaan baik itu perusahaan besar ataupun perusahaan kecil, sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap karyawan, keluarga ataupun koleganya.Kebutuhan Gathering dalam sebuah perusahaan merupakan keniscayaan. Sebuah agenda kegiatan yang harus menjadi prioritas tahunan di sebuah menajemen perusahaan. Nilai penghargaan, kebersamaan, kekerabatan dan kerjasama yang menjadi point bahwa Gathering itu wajib dilakukan.Agar kegiatan gathering perusahaan bisa berjalan lancar dan sesuai dengan tujuan. Maka percayakan event Anda kepada Djogja Outbound agar event Anda terkonsep dengan baik dan lancar.

1 comment:

  1. we want to talk to you guys and check your packages we are planning to have on April 6

    ReplyDelete

Pages